Selasa, 04 Maret 2014

Metode dalam Pendidikan Komparatif

Diposting oleh Unknown di 18.07
Adapun metode-metode dalam pendidikan komparatif adalah sebagai berikut.


Metode
Pengertian dan Tujuan
Langkah-Langkah/Cakupan
1.   Metode Historis
·     Untuk menemukan fakta-fakta pendidikan pada masa lampau, dalam rangka mencari keterkaitan dengan dengan kondisi pendidikan sekarang bahkan juga untuk masa yang akan datang.
·   Tujuannya untuk mendapatkan hubungan antara pendidikan masa lampau dengan masa sekarang dan masa yang akan datang.
· Heuristik (mengumpulkan semua data).
·   Kritik Sumber (ekstern dan intern).
·   Interpretasi Data.
·   Historiografi.
Menurut Debold Van Dalen:
·  Memilih problem yang akan diteliti.
·   Mengumpulkan sumber bahan.
·  Penilaian dan pengujian sumber data yang terkumpul, yang dilanjutkan dengan penelitian.
· Menentukan hipotesis untuk menjelaskan hakikat fenomena pendidikan yang sudah lampau.
· Melakukan penafsiran atas bahan-bahan yang telah terkumpul secara mendalam atau juga penyusunan bahan-bahan.
· Menyimpulkan dan membuat laporan mengenai temuan-temuannya.
2.   Metode Deskriptif
·         Untuk menggambarkan dan menguraikan apa yang terajadi pada objek yang diteliti secara detail.
·         Tujuannya untuk menggambarkan suatu fakta pendidikan baik dalam satu atau antar Negara.
·         Memilih dan merumuskan masalah.
·         Menentuan tujuan dari penelitian yang akan dikerjakan.
·         Memberikan limitasi dari area atau scope atau sejauh mana penelitian deskriptif tersebut akan dilaksanakan.
·         Pada bidang ilmu yang telah mempunyai teori-teori yang kuat, maka perlu dirumuskan kerangka teori atau kerangka konseptual yang kemudian diturunan dalam bentuk hipotesis-hipotesis untuk diverifikasikan.
·         Menulusuri sumber-sumber kepustakaan yang ada hubungannya dengan masalah yang ingin dipecahkan.
·         Merumuskan hipotesis-hipotesis yang diuji, baik secara emplisit maupun secara implicit.
·         Melakukan kerja lapangan untuk megumpulkan data, gunakan teknik pengumpulan data yang cocok untuk penelitian.
·         Membuat tabulasi serta analisis statistic dilakukan terhadap data yang telah dikumpulkan.
·         Memberikan interpretasi dari hasil dalam hubungannya dengan kondisi sosial yang ingin diselidiki serta dari data yang diperoleh serta refrensi khas terhadap masalah yang ingin dipecahkan.
·         Mengadakan generalisasi serta deduksi dari penemuan serta hipotesis-hipotesis yang ingin diuji.
Cakupan:
·         Studi Kasus
·         Survey
·         Studi perkembangan
·         Studi tingkat lanjut
·         Analisis dokumen
·         Studi korelasi
3.   Metode Eksperimen
·         Dilakukan dengan cara menspesifikasi objek yang diteliti dengan tindakan mengeliminasi variabel-variabel yang ada dari variabel lain.
·         Tujuannya untuk menentukan apa yang terjadi dari percobaan-percobaan yang dilakukan.

4.   Metode Filosofis
·         Berusaha menemukan prinsip-prinsip atau konsep-konsep yang mendasar tentang sistem pendidikan di suatu Negara atau bebebrapa Negara, tentang konsep manusia yang dicita-citakan melalui praktik pendidikan di suatu Negara.
·    Tujuannya untuk mendapatkan konsep-konsep mendasar tentang sistem pendidikan melalui praktik pendidikan di suatu Negara berdasarkan ideologinya.
·         Mengetahui tentang prinsip dan konsep ideologi suatu Negara.
·         Pemahaman tentang prinsip dan konsep pendidikan disuatu Negara berdasarkan ideologi Negara tersebut.
·         Analisis.
·         Perbandingan.
·         Kreasi.
5.   Metode Area
·       Studi latar belakang belakang Negara, deskripsi sistem pendidikan pada masing-masing Negara yang diteliti dan menarik interpretasi.

6. Metode Komparasi yang lebih sempit
· Dilakukan dengan area wilayah (dua desa/provinsi/kawasan/Negara), tetapi dengan tekanan pada studi yang lebih mendalam.
·         Deskripsi data pendidikan
·         Interpretasi
·         Juxtaposisi
·         Komparasi

0 komentar:

Posting Komentar

 

Andhina Zubir Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea