Senin, 31 Maret 2014

Ujian Tengah Semester (MID) Pengembangan Sistem Pembelajaran membuat proposal pelatihan

Diposting oleh Unknown di 22.18


UJIAN TENGAH SEMESTER
PENGEMBANGAN SISTEM PEMBELAJARAN

Mata Kuliah                : Pengembangan Sistem Pembelajaran
Nama                           : Andhina Fitrianita Putri
NIM                            : 06032681318008
Semester/Kelas            : II / Reguler Pagi
Dosen Pengampu        : Prof. Dr. H. Fuad Abd. Rachman, M. Pd.
  Dr. L. R. Retno Susanti, M. Hum.

PELATIHAN TARI MERAJUT NUSANTARA UNTUK MAHASISWA SENDRATASIK DALAM PEMBUKAAN FESTIVAL TARI MELAYU NUSANTARA 

Latar Belakang
Sehubungan akan diadakannya Festival Tari Melayu Nusantara yang akan dilaksanakan di kota
Palembang pada tangal 3 April 2014, maka Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Sumatera Selatan akan mengadakan pelatihan tari untuk pembukaan Festival Tari Melayu Nusantara tersebut. Maka dari itu Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Sumatera Selatan bekerja sama dengan Program Studi Sendratasik Universitas Pelita Harapan di kota Palembang untuk menyediakan para mahasiswi untuk ikut serta dalam pembukaan Festival Tari Melayu Nusantara dengan menarikan tari Merajut Nusantara.
Dalam pelatihan tersebut, proses pembelajaran akan menggunakan model pembelajaran secara tatap muka dengan metode ceramah, demonstrasi, dan praktikum  . Model Pembelajaran secara tatap muka  di dalam kelas adalah bentuk transfer ilmu pengetahuan yang difasilitasi oleh pendidik, dan diikuti oleh peserta didik dalam suatu periode waktu yang sudah ditetapkan berdasarkan  kurikulum  tertentu  menggunakan  metode  pembelajaran  dan sarana pendidikan yang  ada sehingga proses  transfer  ilmu  pengetahuan  akan lebih  efektif  karena  jika  terjadi kesulitan memahami suatu konsep yang dijelaskan, peserta didik dapat langsung memperoleh penjelasan dari fasilitator yang mendampinginya.  Dapat dipastikan bahwa model pembelajaran tatap muka ini tidak dapat digantikan oleh model pembelajaran apapun, walaupun bukan berarti pembelajaran tatap muka ini tidak memiliki kelemahan.
          Adapun kelemahan proses tatap muka ini adalah dengan jangka waktu yang pendek yang seakan-akan proses transfer ilmu akan dibatasi oleh ruang dan waktu dan sangat bergantung pada instruktur tari sebagai fasilitator sehingga sebgaiman mestinya pada waktu yang ditentukan para mahasiswa harus sudah menguasai dengan baik Tari Merajut Nusantara.

Analisis Kebutuhan
           Festival Tari Melayu Nusantara merupakan sebuah ajang kompetisi tari melayu nusantara yang diadakan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Sumatera Selatan untuk mempererat tali silaturahmi serta rasa persatuan dan kesatuan antar provinsi yang ada di Indonesia, sehingga tari melayu yang ada di seluruh Indonesia tetap terjaga dan dilestarikan dengan baik.
           Untuk mengawali sekaligus memeriahkan ajang tersebut maka diadakanlah pelatihan tari dalam rangka penyambutan dan pembukaan festival tersebut. Sehingga Sumatera Selatan sebagai tuan rumah Festival Tari Melayu Nusantara juga dapat menampilkan pertunjukkan tari yang menggabungkan seluruh ragam tari dari sabang hingga marauke sebagai perwakilan dari seluruh Indonesia dalam hal ini akan diambil beberapa bagian wilayah yaitu ragam gerak tari Indonesia Barat, ragam gerak Indonesia tengah dan ragam gerak Indonesia Timur. Tentunya hal ini juga sebagai promosi kesenian tari Sumatera Selatan yang mana Sumatera Selatan juga memiliki seniman-seniman tari berbakat dan professional.
           Untuk dapat mencapai profesionalitas sebagai seniman tari maka mahasiswi jurusan kesenian program studi sendratasik dikerahkan untuk ikut serta dalam pelatihan singkat Tari Merajut Nusantara.

            Tujuan
Tujuan pelatihan ini adalah agar mahasiswi program studi sendratasik dapat menguasai dan menampilkan Tari Merajut Nusantara dengan baik dan indah sehingga pertunjukkan tari tersebut dapat memukau hati para tamu undangan dan penonton yang datang.
          Untuk mencapai tujuan pelatihan tersebut masing-masing instruktur tari diharapkan memiliki karakteristik kemampuan sebagai berikut.
a.       Mampu menjelaskan konsep Tari Merajut Nusantara dalam pelatihan.
b.      Mampu mendemonstrasikan seluruh ragam gerak Tari Merajut Nusantara dengan baik.
c.       Mampu merancang komposisi Tari Merajut Nusantara dengan baik,

Sasaran
Sasaran kegiatan pelatihan ini adalah sebanyak 20 orang mahasiswi program studi sendratasik. Dengan 2 orang instruktur tari.

Persyaratan
Peserta yang akan mengikuti pelatihan ini adalah mahasiswi sendratasik dengan persyaratan sebagai berikut :
a.       Mampu menarikan tari dasar melayu.
b.      Memiliki postur tubuh proporsional.
c.       Usian maksimum 25 tahun.
d.      Merupakan Mahasiswi prodi sendratasik secara aktif.

Desain Instruksional

Perilaku Umum
Memperagakan jenis karya seni Tari Merajut Nusantara.

Perilaku Khusus
a.       Melakukan olah tubuh
b.      Mengamati demonstrasi Tari Merajut Nusantara.
c.       Menirukan gerak Tari Merajut Nusantara.
d.      Memperagakan gerak Tari Merajut Nusantara.

Mengidentifikasi Perilaku dan Karakteristik Awal Siswa
Berdasarkan analisis hasil tanya jawab di atas dapat disimpulkan bahwa materi yang perlu diajarkan kepada peserta adalah:
a.       Menirukan gerak Tari Merajut Nusantara
b.      Memperagakan gerak Tari Merajut Nusantara

Perumusan Tujuan Instruksional Khusus

Tabel 1. Penentuan
Audience
Behaviour
Condition
Degree
Mahasiswi prodi Sendratasik
Menirukan gerak Tari Merajut Nusantara
Demonstrasi Tari Merajut Nusantara oleh instruktur tari
100%
Benar

Audience
Behaviour
Condition
Degree
Mahasiswi prodi Sendratasik
Memperagakan gerak Tari Merajut Nusantara
Demonstrasi Tari Merajut Nusantara oleh instruktur tari
100%
Benar
* 100% benar adalah kriteria yang diperoleh dari ketepatan siswa dalam meniru dan memeragakan gerak Tari Merajut Nusantara.

Berdasarkan tabel di atas, dapat ditentukan tujuan instruksional khusus untuk perilaku khusus memeragakan gerak Tari Merajut Nusantara.
1)   Jika diberikan demonstrasi Tari Merajut Nusantara peserta dapat menirukan gerak Tari Merajut Nusantara.
2)   Jika diberikan demonstrasi Tari Merajut Nusantara peserta dapat memperagakan gerak Tari Merajut Nusantara.

Menentukan Tes Acuan Patokan
Tujuan tes ini untuk memberikan umpan balik bagi peserta tentang hasil latihan peserta dalam tahap proses belajarnya.
Tabel 2. Tabel Spesifikasi
No
Daftar Perilaku
Bobot Perilaku
Jenis Tes
Jumlah
1
Menirukan gerak Tari Merajut Nusantara.
100 %

Praktik
1 soal
2
Memperagakan gerak Tari Merajut Nusantara.
100 %

Praktik
1 soal

No
TIK
Butir Soal
Petunjuk
Kunci Jawaban
Skor
1
Jika diberikan demonstrasi Tari Merajut Nusantara peserta dapat menirukan gerak Tari Merajut Nusantara.

Tirukanlah gerak Tari Merajut Nusantara.
Praktikkan gerak Tari Merajut Nusantara.
·   Penghafalan Ragam gerak 1.
·   Penghafalan Ragam gerak 2.
·   Penghafalan Ragam gerak 3.
·   Penghafalan Ragam gerak 4.
·   Penghafalan Ragam gerak 5.
·   Penghafalan Ragam gerak 6.
·   Penghafalan Ragam gerak 7.
·   Penghafalan Ragam gerak 8.
·   Penghafalan Ragam gerak 9.
·   Penghafalan Ragam gerak 10.


10

10

10

10

10

10

10

10


10

10
22
Jika diberikan demonstrasi Tari Merajut Nusantara peserta dapat memperagakan gerak Tari Merajut Nusantara.

Peragakan gerak Tari Merajut Nusantara.
Praktikkan gerak Tari Merajut Nusantara.
·     Penghafalan Ragam gerak 1.
·   Penghafalan Ragam gerak 2.
·   Penghafalan Ragam gerak 3.
·   Penghafalan Ragam gerak 4.
·   Penghafalan Ragam gerak 5.
·   Penghafalan Ragam gerak 6.
·   Penghafalan Ragam gerak 7.
·   Penghafalan Ragam gerak 8.
·   Penghafalan Ragam gerak 9.
·   Penghafalan Ragam gerak 10.


10

10

10

10

10

10

10

10

10

10


Metode
Adapun metode yang digunakan dalam strategi instruksional  pada mahasiswi peserta pelatihan Tari Merajut Nusantara  adalah sebagai berikut.
a.       Metode Ceramah (Lecture)
       Metode ceramah berbentuk peserta didik dan biasanya diikuti dengan tanya jawab tentang isi pelajaran yang belum jelas.
Metode ini tepat diterapkan  bila:
·                     Kegiatan instruksional baru dimulai.
·                     Waktu terbatas, sedangkan informasi yang akan disampaikan banyak.
·                     Jumlah pengajar sedikit dan jumlah peserta didik banyak.
Beberapa kelebihan metode ceramah adalah :
·         Guru mudah menguasai kelas.
·         Guru mudah menerangkan bahan pelajaran berjumlah besar.
·         Dapat diikuti anak didik dalam jumlah besar.
·         Mudah dilaksanakan.
Beberapa keterbatasan metode ceramah adalah :
  • Partisipasi peserta didik rendah (membuat siswa pasif).
  • Kemajuan peserta didik sulit dipantau.
  • Perhatian dan minat peserta didik tidak dapat dipantau.
b.      Metode Demonstrasi
       Metode demonstrasi mengambil bentuk sebagai contoh pelaksanaan suatu keterampilan atau proses kegiatan. Penggunaan metode ini mensyaratkan adanya suatu keahlian untuk mendemonstrasikan penggunaan alat atau melaksanakan kegiatan tertentu seperti kegiaatan sesungguhnya. Keahlian mendemonstrasikan tersebut harus dimiliki oleh dosen atau orang lain yang dipilih oleh dosen. Setelah demonstrasi, peserta didik diberi kesempatan melakukan latihan ketrampilan atau proses yang sama dibawah supervise pengajar.
c.       Metode Praktikum
       Metode praktikum berbentuk pemberian tugaskepada peserta didik untuk mneyelesaikan suatu proyek dengan berpraktik dan menggunakan instrumen tertentu.

Media dan Alat Instruksional
       Media yang digunakan dalam krgiatan instruksional beraneka ragam. Dalam pemilihan media dan alat, pendesain instruksional mungkin dapat mengidentifikasi beberapa media yang sesuai untuk tujuan instruksinal tertentu. Langkah selanjutnya adalah memilih salah satu atau dua media diantaranya atas dasar berbagai pertimbangan sebagai berikut.
a.       Biaya yang kebih murah, baik pada saat pembelian maupun pemeliharaan.
b.      Kesesuaian dengan dengan metode instruksional.
c.       Kesesuaian dengan karakter peserta didik.
d.      Pertimbangan praktis (kemudahan untuk dipindahkan, kesesuaian dengan fasilitas yang ada di kelas, keamanan penggunaannya, daya tahannya dan kemudahan perbaikannya).
e.       Ketersediaan media dan alat tersebut berikut suku cadangnya di pasaran serta ketersediaannya bagi peserta didik.
      Maka dari itu media yang digunakan dalam pencapaian tujuan pembelajaran pada mahasiswi peserta pelatihan Tari Merajut Nusantara adalah media demonstrasi sehingga peserta dapat belajar belajar menyajikan keterampilan atau persepsi gerak. Sehingga dapat menimbulkan gairah belajar, interaksi lebih langsung antara peserta dengan instruktur tari sebagai sumber belajar.

Pengembangan Strategi Instruksional
a.       Strategi Instruksional 1
Materi           : Tari Merajut Nusantara
TIK              : Jika diberikan demonstrasi Tari Merajut Nusantara peserta dapat menirukan gerak Tari Merajut Nusantara.

Urutan kegiatan instruksional
Metode
Media
Waktu
P
E
N
D
A
H
U
L
U
A
N
  Deskripsi Singkat:
  Materi ini tentang bagaimana menarikan Tari Merajut Nusantara.
Ceramah

2 jam
Relevansi:
Materi ini berhubungan dengan mengapresiasi karya seni tari nusantara
Ceramah

TIK/Tujuan Pembelajaran:
Jika diberikan demonstrasi Tari Merajut Nusantara peserta dapat menirukan gerak Tari Merajut Nusantara.






P
E
N
Y
A
J
I
A
N
Uraian:
Menirukan Gerak Tari Nusantara (Tari Patah Sembilan).
Langkah-langkah:
·          Membentuk 2 kelompok dari 20 orang peserta sehingga terdiri dari 10 orang masing-masing kelompok.
·          Mengamati demonstrasi Tari Merajut Nusantara.
·          Latihan menirukan ragam gerak Tari Merajut Nusantara.
Ceramah


Demonstrasi
Demonstrasi
 3 jam 30 menit
Contoh:
Amati dan peragakan ragam gerak tari merajut nusantara.
Latihan:
Peserta menirukan ragam gerak tari merajut nusantara.

P
E
N
U
T
U
P
Tes Formatif:
Peserta menirukan ragam gerak tari nusantara (Tari Patah Sembilan) mulai dari ragam gerak 1,  ragam gerak 2 dan ragam gerak 3.

Praktikum

Demonstrasi

30 menit
Tindak Lanjut:
·         Peserta bersama Instruktur menyimpulkan materi pembelajaran.
·         Penugasan kepada siswa untuk berlatih menirukan gerak tari merajut nusantarayang akan diperagakan pada pertemuan selanjutnya secara individu.
Tanya Jawab

Jumlah Waktu
6 jam







Pengembangan Strategi Instruksional
b.      Strategi Instruksional 2
Materi           : Tari Merajut Nusantara
TIK              : Jika diberikan demonstrasi Tari Merajut Nusantara peserta dapat menirukan gerak Tari Merajut Nusantara.

Urutan kegiatan instruksional
Metode
Media
Waktu
P
E
N
D
A
H
U
L
U
A
N
  Deskripsi Singkat:
  Materi ini tentang bagaimana menarikan Tari Merajut Nusantara.
Ceramah

10 menit
Relevansi:
Materi ini berhubungan dengan mengapresiasi karya seni tari nusantara
Ceramah

TIK/Tujuan Pembelajaran:
Jika diberikan demonstrasi Tari Merajut Nusantara peserta dapat menirukan gerak Tari Merajut Nusantara.






P
E
N
Y
A
J
I
A
N
Uraian:
Menirukan Gerak Tari Nusantara (Tari Patah Sembilan).
Langkah-langkah:
·          Membentuk 2 kelompok dari 20 orang peserta sehingga terdiri dari 10 orang masing-masing kelompok.
·          Mengamati demonstrasi Tari Merajut Nusantara.
·          Latihan menirukan ragam gerak Tari Merajut Nusantara.
Ceramah


Demonstrasi
Demonstrasi
7 jam 30 menit
Contoh:
Amati dan peragakan ragam gerak tari merajut nusantara.
Latihan:
Peserta menirukan ragam gerak tari merajut nusantara 4-6 dan menirukan ragam gerak tari merajut nusantara dan 7-10.

P
E
N
U
T
U
P
Tes Formatif:
Peserta menirukan ragam gerak tari merajut nusantara mulai dari ragam gerak 4-6 dan ragam gerak 7-10.

Praktikum

Demonstrasi

20 menit
Tindak Lanjut:
·         Peserta bersama instruktur menyimpulkan materi pembelajaran.
·         Penugasan kepada siswa untuk berlatih menirukan gerak tari merajut nusantarayang akan diperagakan pada pertemuan selanjutnya secara individu.
Tanya Jawab

Jumlah Waktu
8 jam







c.       Strategi Instruksional 3
Materi           : Tari Merajut Nusantara
TIK              : Jika diberikan demonstrasi Tari Merajut Nusantara peserta dapat memperagakan gerak Tari Merajut Nusantara.

Urutan kegiatan instruksional
Metode
Media
Waktu
P
E
N
D
A
H
U
L
U
A
N
  Deskripsi Singkat:
  Materi ini tentang bagaimana menarikan Tari Merajut Nusantara.
Ceramah

10 menit
Relevansi:
Materi ini berhubungan dengan mengapresiasi karya seni tari nusantara
Ceramah

TIK/Tujuan Pembelajaran:
Jika diberikan demonstrasi Tari Merajut Nusantara peserta dapat memperagakan gerak Tari Merajut Nusantara.






P
E
N
Y
A
J
I
A
N
Uraian:
Memperagakan Gerak Tari Nusantara (Tari Patah Sembilan).
Langkah-langkah:
·          Membentuk 2 kelompok dari 20 orang peserta sehingga terdiri dari 10 orang masing-masing kelompok.
·          Mengamati demonstrasi Tari Merajut Nusantara.
·          Latihan memperagakan ragam gerak Tari Merajut Nusantara.
Praktikum
Demonstrasi
5 jam 30 menit
Contoh:
Peragakan ragam gerak tari merajut nusantara.
Latihan:
·         Peserta memperagakan ragam gerak tari merajut nusantara 1-5 dan memperagakan ragam gerak tari merajut nusantara dan 6-10 beserta komposisi.
·         Peserta memperagakan ragam gerak tari merajut nusantara 1-10 beserta komposisi.


P
E
N
U
T
U
P
Tes Formatif:
Peserta memperagakan ragam gerak tari merajut nusantara mulai dari ragam gerak 1-10.

Praktikum

Demonstrasi

20 menit
Tindak Lanjut:
·         Peserta bersama instruktur menyimpulkan materi pembelajaran.
·         Penugasan kepada peserta untuk berlatih memperagakan gerak tari merajut nusantara yang akan diperagakan pada pertemuan selanjutnya secara individu.
Tanya Jawab

Jumlah Waktu
6 jam







d.      Strategi Instruksional 4
Materi           : Tari Merajut Nusantara
TIK              : Jika diberikan demonstrasi Tari Merajut Nusantara peserta dapat memperagakan gerak Tari Merajut Nusantara.

Urutan kegiatan instruksional
Metode
Media
Waktu
P
E
N
D
A
H
U
L
U
A
N
  Deskripsi Singkat:
  Materi ini tentang bagaimana menarikan Tari Merajut Nusantara.
Ceramah

10 menit
Relevansi:
Materi ini berhubungan dengan mengapresiasi karya seni tari nusantara
Ceramah

TIK/Tujuan Pembelajaran:
Jika diberikan demonstrasi Tari Merajut Nusantara peserta dapat memperagakan gerak Tari Merajut Nusantara.






P
E
N
Y
A
J
I
A
N
Uraian:
Memperagakan Gerak Tari Nusantara (Tari Patah Sembilan).
Langkah-langkah:
·          Membentuk 2 kelompok dari 20 orang peserta sehingga terdiri dari 10 orang masing-masing kelompok.
·          Mengamati demonstrasi Tari Merajut Nusantara.
·          Latihan memperagakan ragam gerak Tari Merajut Nusantara.
Praktikum
Demonstrasi
3 jam 30 menit
Contoh:
Peragakan ragam gerak tari merajut nusantara.
Latihan:
·         Peserta memperagakan ragam gerak tari merajut nusantara 1-10 beserta komposisi.


P
E
N
U
T
U
P
Tes Formatif:
Peserta memperagakan ragam gerak tari merajut nusantara mulai dari ragam gerak 1-10.

Praktikum

Demonstrasi

20 menit
Tindak Lanjut:
·         Peserta bersama instruktur menyimpulkan materi pembelajaran.
·         Penugasan kepada peserta untuk berlatih memperagakan gerak tari merajut nusantara yang akan diperagakan pada pertemuan selanjutnya secara individu.
Tanya Jawab

Jumlah Waktu
4 jam







e.       Strategi Instruksional 5
Materi           : Tari Merajut Nusantara
TIK              : Jika diberikan demonstrasi Tari Merajut Nusantara peserta dapat memperagakan gerak Tari Merajut Nusantara beserta komposisi tari.

Urutan kegiatan instruksional
Metode
Media
Waktu
P
E
N
D
A
H
U
L
U
A
N
  Deskripsi Singkat:
  Materi ini tentang bagaimana menarikan Tari Merajut Nusantara.
Ceramah

10 menit
Relevansi:
Materi ini berhubungan dengan mengapresiasi karya seni tari nusantara
Ceramah

TIK/Tujuan Pembelajaran:
Jika diberikan demonstrasi Tari Merajut Nusantara peserta dapat memperagakan gerak Tari Merajut Nusantara.






P
E
N
Y
A
J
I
A
N
Uraian:
Memperagakan Gerak Tari Nusantara (Tari Patah Sembilan).
Langkah-langkah:
·          Membentuk 2 kelompok dari 20 orang peserta sehingga terdiri dari 10 orang masing-masing kelompok.
·          Mengamati demonstrasi Tari Merajut Nusantara.
·          Latihan memperagakan ragam gerak Tari Merajut Nusantara.
Praktikum
Demonstrasi
4 jam 30 menit
Contoh:
Peragakan ragam gerak tari merajut nusantara.
Latihan:
·         Peserta memperagakan ragam gerak tari merajut nusantara 1-10 beserta komposisi.


P
E
N
U
T
U
P
Tes Formatif:
Peserta memperagakan ragam gerak tari merajut nusantara mulai dari ragam gerak 1-10.

Praktikum

Demonstrasi

20 menit
Tindak Lanjut:
·         Peserta bersama instruktur menyimpulkan materi pembelajaran.
·         Penugasan kepada peserta untuk berlatih memperagakan gerak tari merajut nusantara yang akan diperagakan pada pertemuan selanjutnya secara individu.
Tanya Jawab

Jumlah Waktu
5 jam










Alokasi Waktu Pembelajaran
Waktu pembelajaran dialokasikan dengan proporsi 90 % untuk peserta pelatihan terlibat langsung (praktik) dan 10 % untuk informasi materi (pemberian stimulasi baru/teori).

Hasil yang Diharapkan.
Tercapainya penampilan Tari Merajut Nusantara oleh mahasiswi program studi sendratasik dengan baik dan memukau dalam rangka pembukaan Festival Tari Melayu Nusantara.

Narasumber, Pembicara Khusus dan Pembimbing
a.      Narasumber  :
Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Sumatera Selatan.
b.      Pembicara Khusus :
Para pembicara khusus dalam pelatihan ini adalah orang yang memiliki wawasan dan keahlian dalam seni budaya.
·         Kepala Bidang Kebudayaan Provinsi Sumatera Selatan.
·         Ibu Eli Rudi (Seniman Tari Provinsi Sumatera Selatan).
c.       Pembimbing :
Peserta akan mendapat bimbingan dari :
·         Eko Sudjarwadi  (Instruktur Tari 1).
·         Putri Fitriani (Instruktur Tari 2 ).
·          
Waktu dan Tempat Pelaksana
Pelatihan ini akan dilaksanakan selama 5 (lima) hari atau dari tanggal 28 Maret – 1 April 2014. Tempat pelatihan akan dilaksanakan di Aula SMK 6 Palembang, Penampilan akan dilaksanakan di Benteng Kuto Besak Palembang.


Materi Pelatihan
Materi pelatihan peserta pelatihan Tari Merajut Nusantara adalah sebagai berikut :
No
Kegiatan
Waktu
Pemateri
Metode
Tempat
Teori
Praktek
1
Pembukaan dan Penutupan

2 jam

Kepala Dinas Pariwisata dan kebudayaan
Ceramah
Aula SMK 6 Palembang
2
Pengantar dalam FTML dan Pengenalan Instruktur Tari

1 jam

Kepala Bidang Kebudayaan dan Seniman Sumsel
Ceramah
Aula SMK 6 Palembang
3
Demonstrasi Tari merajut Nusantara  ragam gerak 1 hingga ragam gerak 3

4 jam
Instruktur  Tari 1 dan Intruktur Tari 2
Ceramah, Demonstrasi, Praktikum
Aula SMK 6 Palembang
4
Demonstrasi Tari merajut Nusantara  ragam gerak 4 hingga ragam gerak 6

4 jam
Instruktur  Tari 1 dan Intruktur Tari 2
Ceramah, Demonstrasi, Praktikum
Aula SMK 6 Palembang
5
Tari merajut Nusantara  ragam gerak 7 hingga ragam gerak 10

4 jam
Instruktur  Tari 1 dan Intruktur Tari 2
Ceramah, Demonstrasi, Praktikum
Aula SMK 6 Palembang
6
Tari merajut Nusantara  ragam gerak 1 hingga ragam gerak 5 beserta komposisi tari

1 jam
Instruktur  Tari 1 dan Intruktur Tari 2
Praktikum
Aula SMK 6 Palembang
7
Tari merajut Nusantara  ragam gerak 6 hingga ragam gerak 10 beserta komposisi tari

1 jam
Instruktur  Tari 1 dan Intruktur Tari 2
Praktikum
Aula SMK 6 Palembang
8
Tari merajut Nusantara  ragam gerak 1 hingga ragam gerak 10 beserta komposisi tari

4 jam
Instruktur  Tari 1 dan Intruktur Tari 2
Praktikum
Aula SMK 6 Palembang
9
Tari merajut Nusantara  ragam gerak 1 hingga ragam gerak 10 beserta komposisi tari

4 jam
Instruktur  Tari 1 dan Intruktur Tari 2
Praktikum,
Aula SMK 6 Palembang
10
Gladi Bersih

5 jam
Instruktur  Tari 1 dan Intruktur Tari 2 dan Tim  Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Sumsel
Ceramah, Praktikum,
Benteng Kuto Besak Palembang
JUMLAH
30 Jam




Kepanitiaan
1.   Pengarah                           : Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Sumatera Selatan.
2.   Penanggung Jawab            : Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Sumatera Selatan.
3.   Ketua Kegiatan                 : Kabid Kebudayaan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Sumatera Selatan.
4.   Administrasi                      : 1. Al Ghazali.
                                                  2. Nagita Slavina.
3.      Bunga Citra.








Jadwal Pelatihan

Waktu
Kegiatan
Penyaji
Jumat, 28-03-2014
14.00 – 15.00
Pembukaan
Panitia dan Kepala Dinas
15.00 – 16.00
Pengantar dan Pengenalan Instruktur
Kabid Kebudayaan dan Seniman Sumsel
16.00 – 18.00
Demonstrasi Tari Merajut Nusantara ragam gerak 1-3
Instruktur Tari
18.00 – 18.30
Ishoma
Panitia
18.30 – 20.00
Demonstrasi Tari Merajut Nusantara1-3
Instruktur tari
Sabtu, 29-03- 2014
Kegiatan
Penyaji
13.00 – 15.30
Demonstrasi Tari merajut Nusantara  ragam gerak 4 hingga ragam gerak 6
Instruktur tari
15.30 – 16.00
Ishoma
Panitia
16.00- 18.00
Demonstrasi Tari merajut Nusantara  ragam gerak 4 hingga ragam gerak 6 dan Demonstrasi Tari merajut Nusantara  ragam gerak 7 hingga ragam gerak 10
Instruktur tari
18.00-18.30
Ishoma
Panitia
18.30 – 21.00
Demonstrasi Tari merajut Nusantara  ragam gerak 7 hingga ragam gerak 10
Instruktur Tari
Minggu, 30-03- 2014
Kegiatan
Penyaji
08.00 - 09.00
Tari merajut Nusantara  ragam gerak 1 hingga ragam gerak 5 beserta komposisi tari
Instruktur Tari
09.00 - 11.00
Tari merajut Nusantara  ragam gerak 6 hingga ragam gerak 10 beserta komposisi tari
Instruktur Tari
11.00 - 12.00
Tari merajut Nusantara  ragam gerak 1 hingga ragam gerak 10 beserta komposisi tari
Instruktur Tari
12.00 - 12.30
Ishoma
Panitia
12.30 - 14.00
Tari merajut Nusantara  ragam gerak 1 hingga ragam gerak 10 beserta komposisi tari
Instruktur Tari
Senin, 31-03- 2014
Kegiatan
Penyaji
14.00 - 15.30
Tari merajut Nusantara  ragam gerak 1 hingga ragam gerak 10 beserta komposisi tari
Instruktur Tari
15.30 – 16.00
Ishoma
Panitia
16.00 - 18.00
Tari merajut Nusantara  ragam gerak 1 hingga ragam gerak 10 beserta komposisi tari
Instruktur Tari
Selasa, 01-04- 2014
Kegiatan
Penyaji
12.30-15.30
Gladi Bersih
Panitia dan Instruktur Tari
15.30-16.00
Ishoma
Panitia
16.00-17.30
Gladi Bersih
Panitia dan Instruktur Tari
17.30-18.30
Penutupan
Panitia,
Kepala Dinas

0 komentar:

Posting Komentar

 

Andhina Zubir Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea