UJIAN
TENGAH SEMESTER
PENGEMBANGAN
SISTEM PEMBELAJARAN
Mata Kuliah : Pengembangan
Sistem Pembelajaran
Nama : Andhina
Fitrianita Putri
NIM :
06032681318008
Semester/Kelas : II / Reguler Pagi
Dosen Pengampu : Prof. Dr.
H. Fuad Abd. Rachman, M. Pd.
Dr. L.
R. Retno Susanti, M.
Hum.
PELATIHAN TARI MERAJUT NUSANTARA UNTUK
MAHASISWA SENDRATASIK DALAM PEMBUKAAN FESTIVAL TARI MELAYU NUSANTARA
Latar Belakang
Sehubungan
akan diadakannya Festival Tari Melayu Nusantara yang akan dilaksanakan di kota
Palembang pada tangal 3 April 2014, maka Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi
Sumatera Selatan akan mengadakan pelatihan tari untuk pembukaan Festival Tari
Melayu Nusantara tersebut. Maka dari itu Dinas Pariwisata dan Kebudayaan
Provinsi Sumatera Selatan bekerja sama dengan Program Studi Sendratasik
Universitas Pelita Harapan di kota Palembang untuk menyediakan para mahasiswi
untuk ikut serta dalam pembukaan Festival Tari Melayu Nusantara dengan
menarikan tari Merajut Nusantara.
Dalam
pelatihan tersebut,
proses pembelajaran akan menggunakan model pembelajaran secara tatap muka
dengan metode ceramah, demonstrasi, dan praktikum . Model Pembelajaran
secara tatap muka di dalam kelas adalah bentuk transfer ilmu pengetahuan yang difasilitasi oleh pendidik, dan diikuti oleh peserta didik dalam suatu periode
waktu yang sudah ditetapkan berdasarkan kurikulum
tertentu menggunakan metode pembelajaran dan
sarana pendidikan yang ada sehingga proses transfer ilmu pengetahuan
akan lebih efektif
karena jika terjadi kesulitan memahami suatu konsep yang dijelaskan,
peserta didik dapat langsung memperoleh penjelasan
dari fasilitator yang mendampinginya.
Dapat dipastikan bahwa model pembelajaran tatap muka ini tidak dapat digantikan oleh model pembelajaran apapun, walaupun
bukan berarti pembelajaran tatap muka ini tidak memiliki kelemahan.
Adapun kelemahan proses tatap muka ini adalah dengan jangka waktu yang pendek
yang seakan-akan proses transfer ilmu akan dibatasi oleh ruang dan waktu dan
sangat bergantung pada instruktur tari sebagai fasilitator sehingga sebgaiman
mestinya pada waktu yang ditentukan para mahasiswa harus sudah menguasai dengan
baik Tari Merajut Nusantara.
Analisis
Kebutuhan
Festival
Tari Melayu Nusantara merupakan sebuah ajang kompetisi tari melayu nusantara
yang diadakan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Sumatera Selatan untuk
mempererat tali silaturahmi serta rasa persatuan dan kesatuan antar provinsi
yang ada di Indonesia, sehingga tari melayu yang ada di seluruh Indonesia tetap
terjaga dan dilestarikan dengan baik.
Untuk
mengawali sekaligus memeriahkan ajang tersebut maka diadakanlah pelatihan tari
dalam rangka penyambutan dan pembukaan festival tersebut. Sehingga Sumatera
Selatan sebagai tuan rumah Festival Tari Melayu Nusantara juga dapat
menampilkan pertunjukkan tari yang menggabungkan seluruh ragam tari dari sabang
hingga marauke sebagai perwakilan dari seluruh Indonesia dalam hal ini akan
diambil beberapa bagian wilayah yaitu ragam gerak tari Indonesia Barat, ragam
gerak Indonesia tengah dan ragam gerak Indonesia Timur. Tentunya hal ini juga
sebagai promosi kesenian tari Sumatera Selatan yang mana Sumatera Selatan juga
memiliki seniman-seniman tari berbakat dan professional.
Untuk
dapat mencapai profesionalitas sebagai seniman tari maka mahasiswi jurusan
kesenian program studi sendratasik dikerahkan untuk ikut serta dalam pelatihan
singkat Tari Merajut Nusantara.
Tujuan
Tujuan
pelatihan ini adalah agar mahasiswi program studi sendratasik dapat menguasai
dan menampilkan Tari Merajut Nusantara dengan baik dan indah sehingga
pertunjukkan tari tersebut dapat memukau hati para tamu undangan dan penonton
yang datang.
Untuk mencapai tujuan pelatihan tersebut masing-masing instruktur tari
diharapkan memiliki karakteristik kemampuan sebagai berikut.
a. Mampu menjelaskan konsep Tari
Merajut Nusantara dalam pelatihan.
b. Mampu mendemonstrasikan seluruh
ragam gerak Tari Merajut Nusantara dengan baik.
c.
Mampu
merancang komposisi Tari Merajut Nusantara dengan baik,
Sasaran
Sasaran kegiatan pelatihan ini adalah sebanyak 20
orang mahasiswi program studi sendratasik. Dengan 2 orang instruktur tari.
Persyaratan
Peserta
yang akan mengikuti pelatihan ini adalah mahasiswi sendratasik dengan
persyaratan sebagai berikut :
a. Mampu menarikan tari dasar melayu.
b. Memiliki postur tubuh proporsional.
c. Usian maksimum 25 tahun.
d. Merupakan Mahasiswi prodi
sendratasik secara aktif.
Desain
Instruksional
Perilaku
Umum
Memperagakan jenis karya seni Tari Merajut Nusantara.
Perilaku
Khusus
a.
Melakukan olah tubuh
b.
Mengamati demonstrasi Tari Merajut Nusantara.
c.
Menirukan gerak Tari Merajut Nusantara.
d.
Memperagakan gerak Tari Merajut Nusantara.
Mengidentifikasi
Perilaku dan Karakteristik Awal Siswa
Berdasarkan
analisis hasil tanya jawab di atas dapat disimpulkan bahwa materi yang perlu
diajarkan kepada peserta adalah:
a. Menirukan
gerak Tari Merajut Nusantara
b. Memperagakan
gerak Tari Merajut Nusantara
Perumusan
Tujuan Instruksional Khusus
Tabel
1. Penentuan
Audience
|
Behaviour
|
Condition
|
Degree
|
Mahasiswi
prodi Sendratasik
|
Menirukan
gerak Tari Merajut Nusantara
|
Demonstrasi
Tari Merajut Nusantara oleh instruktur tari
|
100%
Benar
|
Audience
|
Behaviour
|
Condition
|
Degree
|
Mahasiswi
prodi Sendratasik
|
Memperagakan
gerak Tari Merajut Nusantara
|
Demonstrasi
Tari Merajut Nusantara oleh instruktur tari
|
100%
Benar
|
*
100% benar adalah kriteria yang diperoleh dari ketepatan siswa dalam meniru dan
memeragakan gerak Tari Merajut Nusantara.
Berdasarkan
tabel di atas, dapat ditentukan tujuan instruksional khusus untuk perilaku
khusus memeragakan gerak
Tari
Merajut Nusantara.
1)
Jika diberikan demonstrasi Tari Merajut
Nusantara peserta dapat menirukan gerak Tari Merajut Nusantara.
2)
Jika diberikan demonstrasi Tari Merajut
Nusantara peserta dapat memperagakan gerak Tari Merajut Nusantara.
Menentukan
Tes Acuan Patokan
Tujuan
tes ini untuk memberikan umpan balik bagi peserta tentang hasil latihan peserta
dalam tahap proses belajarnya.
Tabel
2. Tabel Spesifikasi
No
|
Daftar Perilaku
|
Bobot
Perilaku
|
Jenis
Tes
|
Jumlah
|
1
|
Menirukan gerak Tari Merajut Nusantara.
|
100 %
|
Praktik
|
1
soal
|
2
|
Memperagakan gerak Tari Merajut
Nusantara.
|
100 %
|
Praktik
|
1
soal
|
No
|
TIK
|
Butir Soal
|
Petunjuk
|
Kunci Jawaban
|
Skor
|
1
|
Jika
diberikan demonstrasi Tari Merajut Nusantara peserta dapat menirukan gerak
Tari Merajut Nusantara.
|
Tirukanlah
gerak Tari Merajut Nusantara.
|
Praktikkan
gerak Tari Merajut Nusantara.
|
· Penghafalan
Ragam gerak 1.
· Penghafalan
Ragam gerak 2.
· Penghafalan
Ragam gerak 3.
· Penghafalan
Ragam gerak 4.
· Penghafalan
Ragam gerak 5.
· Penghafalan
Ragam gerak 6.
· Penghafalan
Ragam gerak 7.
· Penghafalan
Ragam gerak 8.
· Penghafalan
Ragam gerak 9.
· Penghafalan
Ragam gerak 10.
|
10
10
10
10
10
10
10
10
10
10
|
22
|
Jika
diberikan demonstrasi Tari Merajut Nusantara peserta dapat memperagakan gerak
Tari Merajut Nusantara.
|
Peragakan gerak Tari Merajut Nusantara.
|
Praktikkan gerak Tari Merajut
Nusantara.
|
· Penghafalan
Ragam gerak 1.
· Penghafalan
Ragam gerak 2.
· Penghafalan
Ragam gerak 3.
· Penghafalan
Ragam gerak 4.
· Penghafalan
Ragam gerak 5.
· Penghafalan
Ragam gerak 6.
· Penghafalan
Ragam gerak 7.
· Penghafalan
Ragam gerak 8.
· Penghafalan
Ragam gerak 9.
· Penghafalan
Ragam gerak 10.
|
10
10
10
10
10
10
10
10
10
10
|
Metode
Adapun metode yang digunakan dalam
strategi instruksional pada mahasiswi
peserta pelatihan Tari Merajut Nusantara adalah sebagai berikut.
a. Metode Ceramah (Lecture)
Metode ceramah berbentuk peserta
didik dan biasanya diikuti dengan tanya jawab tentang isi pelajaran yang belum
jelas.
Metode ini tepat diterapkan bila:
·
Kegiatan instruksional baru dimulai.
·
Waktu terbatas, sedangkan informasi yang akan
disampaikan banyak.
·
Jumlah pengajar sedikit dan jumlah peserta didik
banyak.
Beberapa
kelebihan metode ceramah adalah :
·
Guru mudah menguasai kelas.
·
Guru mudah menerangkan bahan pelajaran berjumlah
besar.
·
Dapat diikuti anak didik dalam jumlah besar.
·
Mudah dilaksanakan.
Beberapa
keterbatasan metode ceramah adalah :
- Partisipasi peserta didik rendah (membuat siswa pasif).
- Kemajuan peserta didik sulit dipantau.
- Perhatian dan minat peserta didik tidak dapat dipantau.
b. Metode Demonstrasi
Metode demonstrasi
mengambil bentuk sebagai contoh pelaksanaan suatu keterampilan atau proses
kegiatan. Penggunaan metode ini mensyaratkan adanya suatu keahlian untuk
mendemonstrasikan penggunaan alat atau melaksanakan kegiatan tertentu seperti
kegiaatan sesungguhnya. Keahlian mendemonstrasikan tersebut harus dimiliki oleh
dosen atau orang lain yang dipilih oleh dosen. Setelah demonstrasi, peserta
didik diberi kesempatan melakukan latihan ketrampilan atau proses yang sama
dibawah supervise pengajar.
c. Metode
Praktikum
Metode
praktikum berbentuk pemberian tugaskepada peserta didik untuk mneyelesaikan
suatu proyek dengan berpraktik dan menggunakan instrumen tertentu.
Media dan Alat Instruksional
Media yang digunakan dalam krgiatan
instruksional beraneka ragam. Dalam pemilihan media dan alat, pendesain
instruksional mungkin dapat mengidentifikasi beberapa media yang sesuai untuk
tujuan instruksinal tertentu. Langkah selanjutnya adalah memilih salah satu
atau dua media diantaranya atas dasar berbagai pertimbangan sebagai berikut.
a.
Biaya yang kebih murah, baik pada saat pembelian
maupun pemeliharaan.
b.
Kesesuaian dengan dengan metode instruksional.
c.
Kesesuaian dengan karakter peserta didik.
d.
Pertimbangan praktis (kemudahan untuk dipindahkan,
kesesuaian dengan fasilitas yang ada di kelas, keamanan penggunaannya, daya
tahannya dan kemudahan perbaikannya).
e.
Ketersediaan media dan alat tersebut berikut suku
cadangnya di pasaran serta ketersediaannya bagi peserta didik.
Maka dari itu media yang digunakan dalam pencapaian tujuan pembelajaran
pada mahasiswi peserta pelatihan Tari Merajut Nusantara adalah media demonstrasi
sehingga peserta dapat belajar belajar menyajikan keterampilan atau persepsi
gerak. Sehingga dapat menimbulkan gairah belajar, interaksi lebih langsung antara
peserta dengan instruktur tari sebagai sumber belajar.
Pengembangan
Strategi Instruksional
a. Strategi Instruksional 1
Materi : Tari
Merajut Nusantara
TIK : Jika diberikan
demonstrasi Tari Merajut Nusantara peserta dapat menirukan gerak Tari Merajut
Nusantara.
Urutan kegiatan instruksional
|
Metode
|
Media
|
Waktu
|
||
P
E
N
D
A
H
U
L
U
A
N
|
Deskripsi
Singkat:
Materi ini
tentang bagaimana menarikan Tari Merajut Nusantara.
|
Ceramah
|
2 jam
|
||
Relevansi:
Materi ini berhubungan dengan mengapresiasi karya
seni tari nusantara
|
Ceramah
|
|
|||
TIK/Tujuan
Pembelajaran:
Jika diberikan demonstrasi Tari Merajut Nusantara
peserta dapat menirukan gerak Tari Merajut Nusantara.
|
|
|
|||
P
E
N
Y
A
J
I
A
N
|
Uraian:
Menirukan
Gerak Tari Nusantara (Tari Patah Sembilan).
Langkah-langkah:
·
Membentuk
2 kelompok dari 20 orang peserta sehingga terdiri dari 10 orang masing-masing
kelompok.
·
Mengamati
demonstrasi Tari Merajut Nusantara.
·
Latihan
menirukan ragam gerak Tari Merajut Nusantara.
|
Ceramah
Demonstrasi
|
Demonstrasi
|
3 jam 30 menit
|
|
Contoh:
Amati dan peragakan ragam gerak tari merajut
nusantara.
|
|||||
Latihan:
Peserta menirukan ragam gerak tari merajut nusantara.
|
|||||
P
E
N
U
T
U
P
|
Tes Formatif:
Peserta menirukan ragam gerak tari nusantara (Tari
Patah Sembilan) mulai dari ragam gerak 1,
ragam gerak 2 dan ragam gerak 3.
|
Praktikum
|
Demonstrasi
|
30
menit
|
|
Tindak Lanjut:
·
Peserta bersama Instruktur menyimpulkan materi
pembelajaran.
·
Penugasan kepada siswa untuk berlatih menirukan
gerak tari merajut nusantarayang akan diperagakan pada pertemuan selanjutnya
secara individu.
|
Tanya
Jawab
|
|
|||
Jumlah Waktu
|
6
jam
|
||||
Pengembangan
Strategi Instruksional
b. Strategi Instruksional 2
Materi : Tari
Merajut Nusantara
TIK : Jika diberikan
demonstrasi Tari Merajut Nusantara peserta dapat menirukan gerak Tari Merajut
Nusantara.
Urutan kegiatan instruksional
|
Metode
|
Media
|
Waktu
|
||
P
E
N
D
A
H
U
L
U
A
N
|
Deskripsi
Singkat:
Materi ini
tentang bagaimana menarikan Tari Merajut Nusantara.
|
Ceramah
|
10 menit
|
||
Relevansi:
Materi ini berhubungan dengan mengapresiasi karya
seni tari nusantara
|
Ceramah
|
|
|||
TIK/Tujuan
Pembelajaran:
Jika diberikan demonstrasi Tari Merajut Nusantara
peserta dapat menirukan gerak Tari Merajut Nusantara.
|
|
|
|||
P
E
N
Y
A
J
I
A
N
|
Uraian:
Menirukan
Gerak Tari Nusantara (Tari Patah Sembilan).
Langkah-langkah:
·
Membentuk
2 kelompok dari 20 orang peserta sehingga terdiri dari 10 orang masing-masing
kelompok.
·
Mengamati
demonstrasi Tari Merajut Nusantara.
·
Latihan
menirukan ragam gerak Tari Merajut Nusantara.
|
Ceramah
Demonstrasi
|
Demonstrasi
|
7 jam 30 menit
|
|
Contoh:
Amati dan peragakan ragam gerak tari merajut
nusantara.
|
|||||
Latihan:
Peserta menirukan ragam gerak tari merajut nusantara
4-6 dan menirukan ragam gerak tari merajut nusantara dan 7-10.
|
|||||
P
E
N
U
T
U
P
|
Tes Formatif:
Peserta menirukan ragam gerak tari merajut nusantara
mulai dari ragam gerak 4-6 dan ragam gerak 7-10.
|
Praktikum
|
Demonstrasi
|
20
menit
|
|
Tindak Lanjut:
·
Peserta bersama instruktur menyimpulkan materi
pembelajaran.
·
Penugasan kepada siswa untuk berlatih menirukan
gerak tari merajut nusantarayang akan diperagakan pada pertemuan selanjutnya
secara individu.
|
Tanya
Jawab
|
|
|||
Jumlah Waktu
|
8
jam
|
||||
c. Strategi Instruksional 3
Materi : Tari
Merajut Nusantara
TIK : Jika diberikan
demonstrasi Tari Merajut Nusantara peserta dapat memperagakan gerak Tari
Merajut Nusantara.
Urutan kegiatan instruksional
|
Metode
|
Media
|
Waktu
|
||
P
E
N
D
A
H
U
L
U
A
N
|
Deskripsi
Singkat:
Materi ini
tentang bagaimana menarikan Tari Merajut Nusantara.
|
Ceramah
|
10 menit
|
||
Relevansi:
Materi ini berhubungan dengan mengapresiasi karya
seni tari nusantara
|
Ceramah
|
|
|||
TIK/Tujuan
Pembelajaran:
Jika diberikan demonstrasi Tari Merajut Nusantara
peserta dapat memperagakan gerak Tari Merajut Nusantara.
|
|
|
|||
P
E
N
Y
A
J
I
A
N
|
Uraian:
Memperagakan
Gerak Tari Nusantara (Tari Patah Sembilan).
Langkah-langkah:
·
Membentuk
2 kelompok dari 20 orang peserta sehingga terdiri dari 10 orang masing-masing
kelompok.
·
Mengamati
demonstrasi Tari Merajut Nusantara.
·
Latihan
memperagakan ragam gerak Tari Merajut Nusantara.
|
Praktikum
|
Demonstrasi
|
5 jam 30 menit
|
|
Contoh:
Peragakan ragam gerak tari merajut nusantara.
|
|||||
Latihan:
·
Peserta memperagakan ragam gerak tari merajut
nusantara 1-5 dan memperagakan ragam gerak tari merajut nusantara dan 6-10
beserta komposisi.
·
Peserta memperagakan ragam gerak tari merajut
nusantara 1-10 beserta komposisi.
|
|||||
P
E
N
U
T
U
P
|
Tes Formatif:
Peserta memperagakan ragam gerak tari merajut
nusantara mulai dari ragam gerak 1-10.
|
Praktikum
|
Demonstrasi
|
20
menit
|
|
Tindak Lanjut:
·
Peserta bersama instruktur menyimpulkan materi
pembelajaran.
·
Penugasan kepada peserta untuk berlatih memperagakan
gerak tari merajut nusantara yang akan diperagakan pada pertemuan selanjutnya
secara individu.
|
Tanya
Jawab
|
|
|||
Jumlah Waktu
|
6
jam
|
||||
d. Strategi Instruksional 4
Materi : Tari
Merajut Nusantara
TIK : Jika diberikan
demonstrasi Tari Merajut Nusantara peserta dapat memperagakan gerak Tari
Merajut Nusantara.
Urutan kegiatan instruksional
|
Metode
|
Media
|
Waktu
|
||
P
E
N
D
A
H
U
L
U
A
N
|
Deskripsi
Singkat:
Materi ini
tentang bagaimana menarikan Tari Merajut Nusantara.
|
Ceramah
|
10 menit
|
||
Relevansi:
Materi ini berhubungan dengan mengapresiasi karya
seni tari nusantara
|
Ceramah
|
|
|||
TIK/Tujuan
Pembelajaran:
Jika diberikan demonstrasi Tari Merajut Nusantara
peserta dapat memperagakan gerak Tari Merajut Nusantara.
|
|
|
|||
P
E
N
Y
A
J
I
A
N
|
Uraian:
Memperagakan
Gerak Tari Nusantara (Tari Patah Sembilan).
Langkah-langkah:
·
Membentuk
2 kelompok dari 20 orang peserta sehingga terdiri dari 10 orang masing-masing
kelompok.
·
Mengamati
demonstrasi Tari Merajut Nusantara.
·
Latihan
memperagakan ragam gerak Tari Merajut Nusantara.
|
Praktikum
|
Demonstrasi
|
3 jam 30 menit
|
|
Contoh:
Peragakan ragam gerak tari merajut nusantara.
|
|||||
Latihan:
·
Peserta memperagakan ragam gerak tari merajut
nusantara 1-10 beserta komposisi.
|
|||||
P
E
N
U
T
U
P
|
Tes Formatif:
Peserta memperagakan ragam gerak tari merajut
nusantara mulai dari ragam gerak 1-10.
|
Praktikum
|
Demonstrasi
|
20
menit
|
|
Tindak Lanjut:
·
Peserta bersama instruktur menyimpulkan materi
pembelajaran.
·
Penugasan kepada peserta untuk berlatih memperagakan
gerak tari merajut nusantara yang akan diperagakan pada pertemuan selanjutnya
secara individu.
|
Tanya
Jawab
|
|
|||
Jumlah Waktu
|
4
jam
|
||||
e. Strategi Instruksional 5
Materi : Tari
Merajut Nusantara
TIK : Jika diberikan
demonstrasi Tari Merajut Nusantara peserta dapat memperagakan gerak Tari
Merajut Nusantara beserta komposisi tari.
Urutan kegiatan instruksional
|
Metode
|
Media
|
Waktu
|
||
P
E
N
D
A
H
U
L
U
A
N
|
Deskripsi
Singkat:
Materi ini
tentang bagaimana menarikan Tari Merajut Nusantara.
|
Ceramah
|
10 menit
|
||
Relevansi:
Materi ini berhubungan dengan mengapresiasi karya
seni tari nusantara
|
Ceramah
|
|
|||
TIK/Tujuan
Pembelajaran:
Jika diberikan demonstrasi Tari Merajut Nusantara
peserta dapat memperagakan gerak Tari Merajut Nusantara.
|
|
|
|||
P
E
N
Y
A
J
I
A
N
|
Uraian:
Memperagakan
Gerak Tari Nusantara (Tari Patah Sembilan).
Langkah-langkah:
·
Membentuk
2 kelompok dari 20 orang peserta sehingga terdiri dari 10 orang masing-masing
kelompok.
·
Mengamati
demonstrasi Tari Merajut Nusantara.
·
Latihan
memperagakan ragam gerak Tari Merajut Nusantara.
|
Praktikum
|
Demonstrasi
|
4 jam 30 menit
|
|
Contoh:
Peragakan ragam gerak tari merajut nusantara.
|
|||||
Latihan:
·
Peserta memperagakan ragam gerak tari merajut
nusantara 1-10 beserta komposisi.
|
|||||
P
E
N
U
T
U
P
|
Tes Formatif:
Peserta memperagakan ragam gerak tari merajut
nusantara mulai dari ragam gerak 1-10.
|
Praktikum
|
Demonstrasi
|
20
menit
|
|
Tindak Lanjut:
·
Peserta bersama instruktur menyimpulkan materi
pembelajaran.
·
Penugasan kepada peserta untuk berlatih memperagakan
gerak tari merajut nusantara yang akan diperagakan pada pertemuan selanjutnya
secara individu.
|
Tanya
Jawab
|
|
|||
Jumlah Waktu
|
5
jam
|
||||
Alokasi Waktu Pembelajaran
Waktu pembelajaran dialokasikan dengan proporsi 90 % untuk
peserta pelatihan terlibat langsung (praktik) dan 10 % untuk informasi materi
(pemberian stimulasi baru/teori).
Hasil yang Diharapkan.
Tercapainya
penampilan Tari Merajut Nusantara oleh mahasiswi program studi sendratasik
dengan baik dan memukau dalam rangka pembukaan Festival Tari Melayu Nusantara.
Narasumber, Pembicara Khusus dan
Pembimbing
a.
Narasumber :
Kepala
Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Sumatera Selatan.
b.
Pembicara
Khusus :
Para pembicara
khusus dalam pelatihan ini adalah orang yang memiliki wawasan dan keahlian
dalam seni budaya.
·
Kepala Bidang Kebudayaan Provinsi
Sumatera Selatan.
·
Ibu Eli Rudi (Seniman Tari Provinsi
Sumatera Selatan).
c.
Pembimbing
:
Peserta akan mendapat bimbingan
dari :
·
Eko Sudjarwadi (Instruktur Tari 1).
·
Putri Fitriani (Instruktur Tari 2 ).
·
Waktu
dan Tempat Pelaksana
Pelatihan ini akan dilaksanakan
selama 5 (lima) hari atau dari tanggal 28 Maret – 1 April 2014. Tempat
pelatihan akan dilaksanakan di Aula SMK 6 Palembang, Penampilan akan
dilaksanakan di Benteng Kuto Besak Palembang.
Materi Pelatihan
Materi
pelatihan peserta pelatihan Tari Merajut Nusantara adalah sebagai berikut :
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
Pemateri
|
Metode
|
Tempat
|
|
Teori
|
Praktek
|
|||||
1
|
Pembukaan
dan Penutupan
|
2 jam
|
Kepala Dinas Pariwisata dan
kebudayaan
|
Ceramah
|
Aula SMK
6 Palembang
|
|
2
|
Pengantar
dalam FTML dan Pengenalan Instruktur Tari
|
1 jam
|
Kepala Bidang Kebudayaan dan
Seniman Sumsel
|
Ceramah
|
Aula SMK
6 Palembang
|
|
3
|
Demonstrasi
Tari merajut Nusantara ragam gerak 1
hingga ragam gerak 3
|
4 jam
|
Instruktur Tari 1 dan Intruktur Tari 2
|
Ceramah,
Demonstrasi, Praktikum
|
Aula SMK
6 Palembang
|
|
4
|
Demonstrasi
Tari merajut Nusantara ragam gerak 4
hingga ragam gerak 6
|
4 jam
|
Instruktur Tari 1 dan Intruktur Tari 2
|
Ceramah,
Demonstrasi, Praktikum
|
Aula SMK
6 Palembang
|
|
5
|
Tari
merajut Nusantara ragam gerak 7 hingga
ragam gerak 10
|
4 jam
|
Instruktur Tari 1 dan Intruktur Tari 2
|
Ceramah,
Demonstrasi, Praktikum
|
Aula SMK
6 Palembang
|
|
6
|
Tari
merajut Nusantara ragam gerak 1 hingga
ragam gerak 5 beserta komposisi tari
|
1 jam
|
Instruktur Tari 1 dan Intruktur Tari 2
|
Praktikum
|
Aula SMK
6 Palembang
|
|
7
|
Tari
merajut Nusantara ragam gerak 6 hingga
ragam gerak 10 beserta komposisi tari
|
1 jam
|
Instruktur Tari 1 dan Intruktur Tari 2
|
Praktikum
|
Aula SMK
6 Palembang
|
|
8
|
Tari
merajut Nusantara ragam gerak 1 hingga
ragam gerak 10 beserta komposisi tari
|
4 jam
|
Instruktur Tari 1 dan Intruktur Tari 2
|
Praktikum
|
Aula SMK
6 Palembang
|
|
9
|
Tari
merajut Nusantara ragam gerak 1 hingga
ragam gerak 10 beserta komposisi tari
|
4 jam
|
Instruktur Tari 1 dan Intruktur Tari 2
|
Praktikum,
|
Aula SMK
6 Palembang
|
|
10
|
Gladi
Bersih
|
5 jam
|
Instruktur Tari 1 dan Intruktur Tari 2 dan Tim Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Sumsel
|
Ceramah,
Praktikum,
|
Benteng
Kuto Besak Palembang
|
|
JUMLAH
|
30 Jam
|
|
Kepanitiaan
1.
Pengarah
: Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Sumatera Selatan.
2. Penanggung
Jawab : Dinas
Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Sumatera Selatan.
3. Ketua Kegiatan
: Kabid Kebudayaan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Sumatera Selatan.
4.
Administrasi
: 1. Al Ghazali.
2. Nagita Slavina.
3. Bunga Citra.
Jadwal
Pelatihan
Waktu
|
Kegiatan
|
Penyaji
|
Jumat, 28-03-2014
|
||
14.00
– 15.00
|
Pembukaan
|
Panitia
dan Kepala Dinas
|
15.00
– 16.00
|
Pengantar
dan Pengenalan Instruktur
|
Kabid
Kebudayaan dan Seniman Sumsel
|
16.00
– 18.00
|
Demonstrasi
Tari Merajut Nusantara ragam gerak 1-3
|
Instruktur
Tari
|
18.00
– 18.30
|
Ishoma
|
Panitia
|
18.30
– 20.00
|
Demonstrasi
Tari Merajut Nusantara1-3
|
Instruktur
tari
|
Sabtu, 29-03- 2014
|
Kegiatan
|
Penyaji
|
13.00
– 15.30
|
Demonstrasi
Tari merajut Nusantara ragam gerak 4
hingga ragam gerak 6
|
Instruktur
tari
|
15.30
– 16.00
|
Ishoma
|
Panitia
|
16.00-
18.00
|
Demonstrasi
Tari merajut Nusantara ragam gerak 4
hingga ragam gerak 6 dan Demonstrasi Tari merajut Nusantara ragam gerak 7 hingga ragam gerak 10
|
Instruktur
tari
|
18.00-18.30
|
Ishoma
|
Panitia
|
18.30
– 21.00
|
Demonstrasi
Tari merajut Nusantara ragam gerak 7
hingga ragam gerak 10
|
Instruktur
Tari
|
Minggu, 30-03- 2014
|
Kegiatan
|
Penyaji
|
08.00
- 09.00
|
Tari
merajut Nusantara ragam gerak 1 hingga
ragam gerak 5 beserta komposisi tari
|
Instruktur
Tari
|
09.00
- 11.00
|
Tari
merajut Nusantara ragam gerak 6 hingga
ragam gerak 10 beserta komposisi tari
|
Instruktur
Tari
|
11.00
- 12.00
|
Tari
merajut Nusantara ragam gerak 1 hingga
ragam gerak 10 beserta komposisi tari
|
Instruktur
Tari
|
12.00
- 12.30
|
Ishoma
|
Panitia
|
12.30
- 14.00
|
Tari
merajut Nusantara ragam gerak 1 hingga
ragam gerak 10 beserta komposisi tari
|
Instruktur
Tari
|
Senin, 31-03- 2014
|
Kegiatan
|
Penyaji
|
14.00
- 15.30
|
Tari
merajut Nusantara ragam gerak 1 hingga
ragam gerak 10 beserta komposisi tari
|
Instruktur
Tari
|
15.30
– 16.00
|
Ishoma
|
Panitia
|
16.00
- 18.00
|
Tari
merajut Nusantara ragam gerak 1 hingga
ragam gerak 10 beserta komposisi tari
|
Instruktur
Tari
|
Selasa, 01-04- 2014
|
Kegiatan
|
Penyaji
|
12.30-15.30
|
Gladi
Bersih
|
Panitia
dan Instruktur Tari
|
15.30-16.00
|
Ishoma
|
Panitia
|
16.00-17.30
|
Gladi
Bersih
|
Panitia
dan Instruktur Tari
|
17.30-18.30
|
Penutupan
|
Panitia,
Kepala
Dinas
|
0 komentar:
Posting Komentar